PendahuluanMembaca pada anak sejak usia dini karena

PendahuluanMembaca merupakan proses belajar yang efektif. Membaca merupakan jendela dunia, artinya segara informasi dapat diketehui oleh seseorang melalui membaca. Minat baca adalah modal bagi seseorang untuk mencintai dunia baca. Kebiasaan membaca harusnya ditanamkan pada anak sejak usia dini karena kebiasaan ini akan berlanjut sampai ia dewasa. Ada banyak cara untuk menumbuhkan minat baca anak, salah satunya yakni memperkenalkan buku bacaan yang memang diperuntukan untuk anak-anak yang umumnya berisi tidak hanya tulisan tetapi juga gambar dan memiliki banyak warna yang menarik bagi anak-anak. Buku bacaan yang disukai tidak hanya oleh anak-anak tetapi orang dewasa juga adalah komik. Komik Jepang menjadi buku bacaan favorit anak-anak karena penyajian informasinya yang berbeda dengan buku lainnya. Komik membantu anak-anak dalam berimajinasi karena komik berupa gambar dalam kotak yang dilengkapi teks.Penelitian ini membahas mengenai sejauh mana minat baca anak terhadap buku komik Jepang dan kaitannya dalam meningkatkan minat baca anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui factor-faktor yang mendorong anak-anak untu membaca buku komik Jepang dan untuk mengetahui peran buku komik Jepang dalam meningkatkan minat baca anak di Perpustakaan Quratunnada Bogor.MetodePenilitan ini menggunakan metode kualitatif dekriptif yang menghasilkan data dan mengolah data yang sifatnya deskriptif seperti wawancara, observasi, dan pengamatan lapangan. Pendekatan kualitatif lebih mudah digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Sumber data yang diperoleh yakni data primer yangmana berasalah dari narasumber yang ditemui langsung di lapangan yaitu pemustaka, dan data sekunder yang diperoleh dari akses internet dan sumber-sumber literature lainnya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini informan yang dijadikan narasumber yaitu 10 orang anak atau pemstaka yang dapat mewakili anak-anak lainnya yang menjadi pemustaka di Perpustakaan Quratunnada Bogor.PembahasanKomikMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik diartikan sebagai suatu cerita bergambar yang sifatnya mudah dicerna dan lucu (biasanya terdapat di majalah surat kabar atau dibuat berbentuk buku). Secara umum komik dapat diartikan sebagi salah satu media yang berfungsi untuk menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar untuk pendeskripsian cerita. Selain itu, komik juga dapat diartikan sebagai karya sastra berbentuk cerita yang ditampilkan berupa gambar, yang didalam kisah ceritanya terdapat satu tokoh yang diunggulkan. Komik pada umumnya berisi tentang cerita fiksi, sama seperti dengan karya sastra yang lain.Komik menurut Murti Bunanta secara sederhana dapat dikatakan bahwa setiap komik terdapat banyak gambar yang disusun secara vertical dan horizontal dengan balon-balon teks di dalamnya yang bisa terdiri dari berbagai ukuran.Jenis-Jenis KomikSama seperti halnya dengan berbagai jenis genre sastra anak yang lain, komik juga terbagi kedalam beberapa kategori-kategori. Berdasarkan segi bentuk penampilan atau kemasan, komik dibedakan menjadi 4 jenis sebagai berikut:Komik Strip (Comic Strip)Komik stripm merupakan jenis komik yang hanya terdiri dari beberapa panel gambar saja. Akan tetapi jika dilihat dari segi isinya komik ini telah mengungkapkan gagasan isi yang utuh. Karena gambarnya yang hanya sedikit sehingga gagasan yang disampaikan juga tidak terlalu banyak, biasanya hanya melibatkan satu fokus pembicaraan saja seperti tanggapan terhadap berbagai peristiwa-peristiwa atau isu-isu yang sedang terjadi. Komik strip biasanya sering ditemukan dalam berbagai majalah anak dan surat kabar seperti majalah Bobo. Komik bukuKomik buku merupakan jenis komik yang dikemas dalam bentuk buku dan biasanya dalam satu buku hanya menampilkan sebuah cerita yang utuh. Komik buku biasanya berbentuk seri dan satu judul buku komik sering muncul berpuluh seri dan seperti tidak ada habisnya. Komik-komik tersebut ada yang memang menampilkan cerita yang berkelanjutan, tetapi ada juga yang tidak. Komik humor dan petualanganKomik humor dan petualangan ini merupakan komik yang paling banyak digemari oleh anak-anak. Komik humor merupakan komik yang isinya menampilkan sesuatu yang lucu dan mengundang pembaca untuk tertawa ketika pembaca sedang menikmati komik tersebut. Aspek humoris tersebut dapat diperoleh melalui berbagai cara baik melalui gambar maupun melalui kata-kata.Sedangkan komik petualangan ialah komik isi ceritanya berupa petualangan dalam seperti pencarian, pembelaan, perjuangan perkelahian atau pun aksi yang lain yang termasuk jenis petualangan. Biasanya komik ini menceritakan dua kelompok tokoh yaitu protagonis dan antagonis. Kelompok protagonis merupakan kelompok yang baik  dan antagonis merupakan kelompok yang jahat. Biasanya antar kedua kelompok tersebut memperebutkan sesuatu atau pun mempertahankan sesuatu dan biasanya cerita dalam komik jenis ini selalu berakhir dengan kelompok protagonislah yang memenangkan cerita walaupun pada awalnya kelompok protagonis inilah yang memiliki banyak kesulitan.Komik biografi dan komik ilmiahKomik biografi biasanya menceritakan kisah kehidupan seorang tokoh sejarah yang ditampilkan dalam bentuk komik. Sedangkan, komik ilmiah biasanya berisi campuran antara komik dan arasi. Contoh komik yang berisi campuran dari komik dan narasi antara lain penemuan listrik, penemuan lampu, penemuan telepon dan lain sebagainya.Sedangkan, jika dilihat dari jenis ceritanya komik dapat dibagi kedalam 4 jenis yaitu: Komik EdukasiKomik edukasi bisanya berfungsi sebagai hiburan dan sebagai media edukatifKomik Promosi (Iklan)Komik jenis ini digunakan dibuat untuk keperluan promosi sebuah produk dengan bahasa yang lugas dan kadang bersifat humor yang menggambarkan keuntungan produk tersebut.Komik WayangKomik wayang merupakan komik yang isi ceritanya tentang cerita perwayangan seperti Mahabharata, Ramayana, dan lain sebagainyaKomik SilatKomik silat merupakan komik yang sangat popular karena tema yang disajikan dalam komik berupa adegan laga atau pertarungan yang hingga saat ini tetap menjadi idola seperti komik dengan judul Naruto, One Piece, Dragon Ball dan lain sebagainya.Minat BacaMinat baca adalah keinginan yang kuat disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Seseorang yang mempunyai minat membaca yang kuat akan diwujudkan dalam kesediaannya untuk mendapat bahan bacaan dan kemudian membacanya atas kesadarannya sendiri. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa minat membaca adalah suatu rasa lebih suka dan rasa lebih ketertarikan pada kegiatan penafsiran yang bermakna terhadap bahasa tulis (membaca) yang ditunjukkan dengan keinginan, kecenderungan untuk memperhatikan aktivitas tersebut tanpa ada yang menyuruh atau dilakukan dengan kesadarannya, diikuti dengan rasa senang serta adanya usaha-usaha seseorang untuk membaca tersebut dilakukan karena adanya motivasi dari dalam diri.Tujuan dan Manfaat MembacaTujuan membaca menurut Darmono adalah untuk kesenangan atau hiburan seperti membaca novel, surat kabar, majalah atau komik, untuk meningkatkan pengetahuan dengan membaca buku pelajaran atau informational book, dan untuk mengerjakan sesuatu seperti seseorang akan memasak maka ia perlu membaca buku resep untuk masakan tersebut. Manfaat dari membaca menurut Marry Leonhardt adalah anak-anak akan dapat membaca dengan baik, memiliki rasa kebahasaan yang tinggi, meningkatkan rasa percaya diri dan kasih sayang pada anak dan bertambahnya wawasan mereka.Hasil PenelitianTeknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara , observasi, dan kajian kepustakaan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang semuanya adalah anak-anak dan gemar membaca buku komik Jepang.NamaJabatanKriteriaMJAPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 10 TahunMHPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 12 TahunSWPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 11 TahunAAPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 12 TahunTYPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 9 TahunSAFPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 8 TahunRTPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 12 TahunRSPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 12 TahunASPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 11 TahunAOPemustakaPelajar Sekolah DasarUsia 11 TahunTabel 1Kriteria InformanFactor Yang Mendorong Minat Baca Anak Terhadap Komik JepangSetelah melakukan wawancara dengan informan dapat diketahui bahwa minat baca mereka terhadap komik Jepang berasal dari orang terdekat yang memperkenalkannya kepada mereka. Hal ini menunjukan bahwa minat baca akan tumbuh dengan peran orang terdekat seperti orang tua dan keluarga.No.KodeHasil Wawancara1.Orang TuaMama yang ngenalin (SAF)Mama (AA)Sama bunda (RS)Ibu (AS)Sama mama (MH)2.Keluarga (Kakak atau Saudara)Dari kakak (MJA)Sodara aku (AO)3.TemanAda itu temen saya (TY)Liat temen baca jadi ikutan juga (SW)4.Diri SendiriAku sendiri hehe (RT)Table 2Pengaruh Orang TerdekatPeran Komik Jepang Dalam Meningkatkan Minat Baca AnakTidak dapat dipungkiri bahwa komik Jepang sangatlah berpengaruh terhadap peningkatan minat baca anak dikarenakan komik Jepang memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki cirri khas yang disukai anak-anak seperti penyajian cerita dengan balon-balon kata dan penggambaran tokoh yang khas. Penyajian dan tema cerita yang menarik akan membuat pembaca merasa penasaran dan ketagihan untuk membaca terus-menerus.No.KodeHasil Wawancara1.GambarSoalnya ada gambarnya (RS)Seru ada gambarnya (SAF)Gambarnya keren (YT)2.CeritaCeritanya seru (MJA)Karna ceritanya (SW)Kalo ceritanya bagus ya aku baca (AO)Ceritanya bagus (MH)Ceritanya seru bikin penasaran (AA)3.Gambar dan CeritaKan ada gambarnya udah gitu ceritanya juga seru (AS)4.PengarangTergantung pengarang (RT)Table 3Daya Tarik Komik JepangSelain membaca komik Jepang, mereka juga menyukai membaca buku bacaan lain yang ditunjukan mereka dari pernyataan berikut.No.KodeHasil Wawancara1.FiksiBaca cerpen KKPK (AA)Novel (AS)Cerita yang serem-serem (MH)Yang buku KKPK (MJA)Novel sih (RS)Bacanya novel (AO)Majalah yang ada cerpennya (YT)Buku dongeng (SW)2.Non FiksiKamus bahasa inggris (RT)Kayak ensiklopedia gitu (SAF)Table 4Minat Baca Terhadap Bacaan LainSimpulanPeran komik Jepang dalam meningkatkan minat baca anak terlihat dari ciri khas komik tersebut yang akhirnya dipilih menjadi bahan bacaan anak-anak. Penyajian cerita yang menarik sukses membuat anak-anak ketagihan membacanya. Selain itu, peningkatan minat baca tercipta ketika anak-anak mulai tertarik membaca buku bacaan lain seperti novel.